top of page
  • Writer's pictureSports72

Perbandingan Futsal dan Sepak Bola


Didalam bidang olahraga yang bersangkutan dengan bola lalu menggunakan bola dengan kaki, salah satunya Futsal dan Sepak Bola, yang masih menjadi pertanyaan diantara keduanya, sama sama menggunakan kaki.


Perbedaan dua di antaranya, dari segi lapangan, ukuran lapangan, jumlah tim dan jumlah waktu yang telah di mainkan dalam olahraga tersebut.


Membahas soal dua olahraga yang menggunakan bola melalui kaki, dan mencari perbandingannya atau perbedaan nya.


Sepak bola dalam arti bahasa Inggris yaitu Soccer atau Football, olahraga yang satu ini memiliki 11 pemain dan sebagian memiliki cadangan, tujuan dalam olahraga ini untuk mencari menang dengan tujuan mencetak gol ke gawan lawan.


Setiap pemain memiliki posisi yang berbeda yaitu, kiper, empat bek, 3 di tengah lapangan, 3 di depan sebagai penyerang, dalam permaian sepak bola memiliki waktu 90 menit dengan tambahan waktu babak pertama 15 menit, dan tambahan waktu babak kedua 15 menit.


Ukuran lapangan sepak bola panjang mencapai 90 meter sampai 120 meter, dan lebar 45 meter sampai 90 meter, namun didalam permainan sepak bola yang memiliki sebuah wasit untuk menentukan mulai nya pertandingan babak pertama, mulainya pertandingan babak kedua, dan adanya sebuah pelanggaran yang akan diberikan dengan kartu merah dan kartu kuning, tergantung pelanggaran apa yang akan di perbuat oleh pemain bola nya.


Olahraga yang satu ini telah berkembang dengan 253 juta pemain dan terdapat 198 negara yang memilik setiap club dalam permainan sepak bola, salah satu dalam olahraga tersebut, cuma seorang kiper yang boleh menyentuh bola dengan menggunakan tangan.



Sepak bola yang satu ini positif harus menggunakan yang luas, lebar dan panjang , lalu juga menggunakan lapangan yang berumput ataupun sintetis, dalam bidang olahraga kebanyakan dimiliki lelaki yang bermain sepak bola, tak hanya lelaki, perempuan juga ada di bidang olahraga dalam dunia sepak bola.


Pelanggaran yang paling fatal dalam olahraga sepak bola ini, memiliki pemain yang terkena kartu merah, jika dalam satu tim yang terkena empat pemain kartu merah, jelas pastinya tim tersebut telah kalah secara otomatis.


Sepak bola memiliki induk di seluruh dunia sepak bola yaitu FIFA, lalu sepak bola mulai terkenal di negara Inggris, dan sekarang ini olahraga sepak bola menjadi salah satu olahraga terkenal sampai sekarang ini di dunia olahraga.


Dalam permainan sepak bola masing masing mendpatkan penghargaan salah satunnya dari pemain yang banyak gol yaitu top score, umpan terbanyak dari satu tim nya yaitu assist, maka dari itu penentuan yang ada dilapangan ini adalah seorang wasit.


Dalam pertandingan sepak bola masing masing memiliki kejuaraan yang terbesar, salah satunya kejuaraan yang paling besar di dunia sepak bola adalah piala dunia, dan masing masing dalam pertandingan sepak bola memilik organisasi, contohnya, FIFA,UEFA, CONMEBOL, CONCACAF, AFC, CAF dan OFC.


Piala dunia diadakan setiap empat tahun sekali, tuan rumah pada piala dunia yang pertama kali adalah Uruguay yang telah di adakan pada tahun 1930, tak disangka piala dunia sejak lama dimulai dan berakhir pada tahun 2022.


Futsal, olahraga sepak bola yang menggunakan arena khusus, dibidang olahraga ini tidak beda jauh dengan olahraga sepak bola, hanya saja berbeda diantara mereka dari pemain yang mereka punya hanya ada lima pemain, dan memiliki cadangan standarnya 5 orang.


Olahraga yang satu ini bermain dilapangan semen, yang tidak begitu licin, bisa juga bermain di lapangan sintetis, dan berbeda sepatu pemain bola dan sepatu pemain futsal, dalam ukuran lapangan, futsal memiliki ukuran lapangan sepanjang 25 meter sampai 42 meter, sedangkan lebar lapangan futsal 15 meter sampai 25 meter.


Pada tahun 1930 futsal terbentuk di negara Uruguay, dan cara bermain futsal berbeda nya dari skil, kebanyak olahraga futsal menggunakan skil, tidak seperti olahraga sepak bola, namun futsal bisa sesuka ati berganti pemain denga ntim cadangan nya, sedangkan sepak bola di batasi dengan mengganti pemain cadangan nya.


Olahraga yang satu ini telah berkembang di satu negara yaitu Brazil, mereka memainkan olahraga ini di pinggir jalan ataupun gang gang kecil, mereka terkenal dengan julukan dewa skil mereka, dan menjadi turun temurun pemegang skil dalam olahraga futsal, dan mereka lebih terkenal dengan julukan di dunia Fifa Street, dimana bola sangat mudah di kontrol.


Brazil salah satu pemecah rekor di kejuaraan futsal yang telah diselanggarakan di negara Amerika, dan mereka semakin berkembang melakukan kegiatan aktivitas mereka di dalam olahraga futsal, dan tak hanya itu juga, Brazil mendapatkan piala Amerika pada tahun 1980 dan mereka memenangkan pertandingan berikutanya di tahun 1884.


Dan sekarang olahraga futsal masih berkembang di negara mana pun dan menjadi olahraga terkenal di dunia sama seperti sepak bola.



16 views0 comments
bottom of page