top of page
  • Writer's pictureSports72

6 Perlombaan Olahraga yang berlawanan Arah Dengan Lawan


Setiap perlombaan di bidang olahraga memiliki lawan bukan berarti berlawanan arah, banyak perlombaan yang dibidang olahraga memiliki lawan dalam perlombaan nya, dan disini saya akan membahas apa saja olahraga dalam perlombaan yang berlawanan arah.


1. BasketBall

Olahraga yang satu ini salah satu olahraga yang memiliki lawan yang berlawanan arah dengan tujuan merebut bola untuk memasukkan bola ke jaring lawan nya masing masing.


Bola Basket diadakan dengan lapangan yang terbuka, pada umumunya pemain olahraga ini dilakukan dengan pemain yang profesional menggunakan lapangan tertutup, lapangan basket tidak begitu besar, berbeda dengan ukuran lapangan futsal ataupun sepak bola.


Bola Basket salah satu olahraga yang banyak di gemari oleh warga negara Amerika Serikat dan sebagian warga negara lainnya, banyak setiap kompetisi bola basket yang telah diadakan setiap tahunnya, olahraga ini pertama kali di mainkan pada tahun 1891 di Amerika Serikat.


Salah satu contoh nya British Basketball League (BBL) yang ada di negara Inggris, National Bassketball Assoctiation (NBA) yang ada di negara Amerika dan ada juga di negara Indonesia yaitu, Indonesia Basketball League.


2. Futsal

Olahraga yang satu ini telah berkembang di satu negara yaitu Brazil, mereka memainkan olahraga ini di pinggir jalan ataupun gang gang kecil, mereka terkenal dengan julukan dewa skil mereka, dan menjadi turun temurun pemegang skil dalam olahraga futsal, dan mereka lebih terkenal dengan julukan di dunia Fifa Street, dimana bola sangat mudah di kontrol.


Pada tahun 1930 futsal terbentuk di negara Uruguay, dan cara bermain futsal berbeda nya dari skil, kebanyak olahraga futsal menggunakan skil, tidak seperti olahraga Bola Bassket, namun futsal bisa sesuka ati berganti pemain denga ntim cadangan nya, sedangkan sepak bola di batasi dengan mengganti pemain cadangan nya.


Brazil salah satu pemecah rekor di kejuaraan futsal yang telah diselanggarakan di negara Amerika, dan mereka semakin berkembang melakukan kegiatan aktivitas mereka di dalam olahraga futsal, dan tak hanya itu juga, Brazil mendapatkan piala Amerika pada tahun 1980 dan mereka memenangkan pertandingan berikutanya di tahun 1884.


Olahraga yang satu ini dimainkan dilapangan semen, yang tidak begitu licin, bisa juga bermain di lapangan sintetis, dan berbeda sepatu pemain basket dan sepatu pemain futsal, dalam ukuran lapangan, futsal memiliki ukuran lapangan sepanjang 25 meter sampai 42 meter, sedangkan lebar lapangan futsal 15 meter sampai 25 meter.


3. Catur

Dalam olahraga ini memiliki sebuah permain di atas papan yang berisi 16 kotak hitam putih, delapan pion, satu raja, satu menteri, dua benteng, dua kuda dan dua puncung.


Olahraga yang satu ini dimainkan dengan 2 orang dimana salah satunya memiliki bidak caturnya berwarna hitam atau putih.


Dalam permainan catur dengan cara berfikir dan berkonsentrasi agar tidak salah melangkah disaat memainkan anak anak nya, jika salah langkah sudah pastinya kalah.


Setiap pemain catur jika dirinya salah langkah, dirinya berharap mencari remis, dengan arti kata mencari seri, kemungkinan besar sudah pasti kalah,Permain catur dalam sebuah bidang olahraga ini dikenal banyak orang.


Salah satunya bagi yang memainkan olahraga ini, pastinya dengan melindungi rajanya dari serangan lawannya, Olahraga ini memiliki waktu yang cukup lama dari waktu 10 menit sampai 60 menit, jika melakukan sebuah perlombaan dengan olahraga ini, biasanya menggunakan waktu dalam 10 menit.


4. Sepak Bola


Dalam pertandingan sepak bola masing masing memiliki kejuaraan yang terbesar, salah satunya kejuaraan yang paling besar di dunia sepak bola adalah piala dunia, dan masing masing dalam pertandingan sepak bola memilik organisasi, contohnya, FIFA,UEFA, CONMEBOL, CONCACAF, AFC, CAF dan OFC.


Sepak bola memiliki induk di seluruh dunia sepak bola yaitu FIFA, lalu sepak bola mulai terkenal di negara Inggris, dan sekarang ini olahraga sepak bola menjadi salah satu olahraga terkenal sampai sekarang ini di dunia olahraga.



Pelanggaran yang paling fatal dalam olahraga sepak bola ini, memiliki pemain yang terkena kartu merah, jika dalam satu tim yang terkena empat pemain kartu merah, jelas pastinya tim tersebut telah kalah secara langsung sesuai peraturan nya.


Olahraga yang satu ini juga memiliki lawan dan berarah lawan dengan satu lapangan melalui berlawanan arah yang berbeda dalam satu lapangan.


5. Bulu Tangkis

Salah satu olahraga yang berlawanan arah dengan arah yang berbeda menuju lawan, olahraga yang satu ini menggunakan alat sejenis gagang kecil yang berbentuk bulat disekitar kepalanya, memeilik jaring jaring kecil untuk memukul bolanya.


Olahraga ini biasanya disebut dengan reket, yang memeiliki lawan dengan dua orang atau satu orang, di Indonesia sangat terkenal satu pemain bintang bulu tangkis, yaitu Taufik Hidayat.


Olahraga ini dulunya sangat kuno yang telah didirikan oleh warga negara Mesir pada tahun 2000, dan sekarang olahraga yang satu ini menjadi salah satu favorite olahraga yang ada didunia.


6. Tenis Meja

Olahraga yang satu ini juga memiliki lawan yang berlawanan arah posisi setiap lawan nya, dalam permainan olahraga ini memiliki beberapa alat yang telah dimainkan yaitu, meja dengan ukuran tinggi 76 cm, dengan lebar 61 cm sampai 91 cm dan memiliki panjang meja sekitar 122 cm sampai 183 cm.


Permainan olahraga yang satu ini sama seperti olahraga bulu tangkis yang menggunakan net, namun tenis meja memiliki net yang kecil, sedangkan bulu tangkis memiliki net yang besar, dan setiap pemain memiliki satu pemain dan dua pemain, begitu juga dengan lawan.


Olahraga ini memiliki organisasi dengan nama ITTF yang telah didirikan pada tahun 1926, dan olahraga ini telah masuk dalam daftar olimpiade pada tahun 1988, tenis meja memiliki bola plastik yang sangat kecil dan juga alat pemukul yang terbuat dari kayu.



8 views0 comments
bottom of page